Integrasi Aplikasi Perkantoran
-Aplikasi Perkantoran
1. Pengertian aplikasi perkantoran
•Aplikasi perkantoran adalah perangkat lunak aplikasi perkantoran dipergunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor seperti mengetik, membuat tabel kerja, membuat database sederhana, ataupun mengolah image/ citra sederhana.
2.Contoh Aplikasi Perkantoran
•Microsoft Office Word
Digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan pengetikan kata, dokumen, penulisan konten, surat resmi, dan lain sebagainya. File yang telah dituliskan pada aplikasi ini, nantinya akan tersimpan dalam file dengan format .docx.
•Microsoft Excel
Untuk meringankan aktivitas perkantoran yang membutuhkan perhitungan dalam jumlah besar, Microsoft Office menyediakan Excel. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis spreadsheet yang bisa menampung data angka dalam jumlah yang besar.
•Microsoft Office Power Point
Pengguna dapat mendesain slide yang kreatif dan menarik dengan menambahkan teks serta menambahkan grafik. Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan elemen lainnya seperti gambar, grafik, hingga video.
•Microsoft Office Outlook
Aplikasi ini layaknya buku catatan digital, berisi sejumlah fitur penting seperti pengelola informasi pribadi, kalender klien, buku alamat, email, kontak, catatan, jurnal, dan pengelola tugas.Microsoft Office Outlook tidak hanya bisa berdiri sendiri, tapi juga bisa dihubungkan ke email serta kalender dan dibagikan ke banyak pengguna.
•Microsoft Office Access
Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan data atau file dari aplikasi lain. Fungsi dari aplikasi Microsoft Office Access adalah untuk membuat formulir, tabel, kueri, hingga laporan.
-Integrasi Aplikasi Perkantoran
1. Pengertian Integrasi Aplikasi Perkantoran
Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran Mengintegrasikan artinya menyatukan beberapa objek, data, atau komponen untuk membentuk sesuatu yang utuh dan bermakna, walaupun komponennya tadinya terpencar atau tidak ada hubungannya.
2. Contoh Integrasi Aplikasi Perkantoran :
1.Integrasi Konten Aplikasi Perkantoran
Integrasi konten aplikasi perkantoran bertujuan untuk menggabungkan konten aplikasi lain dalam satu aplikasi. Contoh integrasi antaraplikasi lainnya adalah, pada Microsoft Office, data dari Microsoft Excel dapat ditautkan dengan dokumen pada Microsoft Word dalam pembuatan surat.
2. Teknik Copy-Paste atau Cut-Paste
Fungsi cut akan memindahkan sebuah file ke tempat tujuan. Sedangkan copy memiliki arti menyalin. Perintah copy dipakai untuk menggandakan sebuah file, teks, folder, dan lainnya. Cara kerja dari fitur tersebut yaitu menggandakan sesuatu untuk kemudian dipindahkan ke tempat lain.
3. Teknik Object Linking dan Embedding
Object Linking and Embedding (disingkat menjadi OLE) adalah sebuah teknologi berorientasi objek yang berbasiskan teknologi Component Object Model (COM) yang menyediakan layanan kepada aplikasi untuk menciptakan dokumen-dokumen yang terdiri dari banyak objek, mulai dari gambar, suara, diagram, video, microsoft word, microsoft excel, hingga dokumen lainnya.